Senin, 28 November 2011

etika akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen


Artikel            : Etika dalam Akuntansi Keuangan dan Manajemen
Akuntnasi keuangan adalah proses pencatatan pengikhtisaran laporan keuanagan dan akan menghasilkan informasi untuk penggunanya baik interen maupun exteren, lalu menghasilkan penganmbilan keputusan oleh pihak yang bersangkutan.
Karakteristik yang terdapat pada akuntansi keuangan
  • -          Memiliki fokus terhadap pihak exterenal
  • -          Adanya aturan dari pihak luar yangmengikat dan harus diikuti
  • -          Memiliki fokus informasi hanya berupa informasi keuangan
  • -          Memiliki orientasi terhadap kondisi yang lalu
  • -          Merupakan informasi untuk suatu perusahaan secara keseluruhan
  • -          Memiliki pandangan dan lingkup yang lebih sempit

Etika dalam akuntansi keuangan yaitu standar akuntansi keuangan (SAK) yang merupakan aturan-aturan yang harus digunakan didalam pengukuran dan penyajian laporan keuangan untuk kepentingan external.
Akuntansi manajemen adalah suatu proses penginputan data yang mana akan menghasil kan output data, yang akan menjadi sebuah informasi bagi perusahaan, lalu pihak manajemen akan melakukan perencanaan opersiaonal dari hasil informasi tersebut, lalu akan tersusun menjadi tujuan perusahaan yang nantinya akan menghasilkan laba/keuntungan bagi perusahaan.
Tujuan dari akuntasi manajemen
  • -         Menyediakan informasi biaya yang akan di keluarkan oleh perusahaan
  • -         Menyediakan informasi perencanaan, pengendalian, evaluasi dan perbaikan pada manajemen perusahaan.
  • -         Menyediakan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan oleh pihak manajemen

Kriteria standar perilaku akuntansi manajemen
Competence yaitu standar perilaku akuntansi manajemen yang selalu menjaga tingkat kompetensi profesional terhadap perusahaan ataupun rekan kerja, melaksanakan tugas secara profesional yang sesuai dengan hukumyang  berlaku,  selalu menyediakan laporan yang lengkap dan transparan.
Confidentiality adalah standar perilaku akuntansi manajemen dapat  manahan diri agar tidak menyingkap informasi rahasia yang dimiliki oleh perusahaan, selalu menginformasikan pada bawahan dengan memperhatikan kerahasiaan informasi, menahan diri agar tidak menggunakan informasi tersebut yang telah diperoleh.
Integrity adalah standar perilaku akuntansi manajemen yang mengharuskan menghindari konflik dari kepentingan yang tersirat ataupun tersurat, menahan diri dari aktivitas yang akan menghambat kemampuan, menolak bingkisan dan kebaikan yang terselubung yang akan memepengaruhi tindakan dalam pekerjaan, wajib mengetahui dan mengkomunikasikan batas-batas profesionalitas kapada klien/perusahaan, mengkonikasikan dari temuan informasi yang baik atau buruk, menghindarkan diri dalam keikutsertaan atau membantu kegiatan yang akan mencermarkan nama baik profesi.
Objectivity of management accountant adalah standar perilaku akuntansi manajemen yang mengharuskan memberitahukan informasi dengan wajar dan ojektif pada klien/perusahaan dan mengungkapkan sepnuhnya informasi yang relevan dari hasil kerja manajemen akuntansi.
 Whistle blowing yaitu tindakan yang dilakukan seorang atau beberapa karyawan untuk membocorkan kecurangan perusahaan kepada pihak lain. Contohnya yaitu seorang atau sekelompok karyawan melaporkan kecurangan dari perusahaan yang membuag limbahnya kesungai.
Whistle blowing terbagi 2 yaitu whistle blowing internal dan whistle blowing external, yaitu :
Whistle blowing internal adalah kecurangan yang dilaoprkan kepada pemimpin perusahaan tertinggi.
Whistle blowing external adalah membocorkan kecurangan perusahaan kepada pihak luar seperti masyarakat karena kecurangan tersebut merugikan masyrakat banayak.
Creative accounting menurut Amat, Blake dan Dowd [1999] adalah sebuah proses dimana beberapa pihak menggunakan kemampuan pemahaman pengetahuan akuntansi (termasuk didalamnya standar, teknik dsb.) dan menggunakannya untuk memanipulasi pelaporan keuangan, jadi menurut pendapat penulis yang dimaksud dengan creative accounting yaitu suatu proses dimana terdapat kemampuan yang digunakan oleh pihak tertentu untuk memanipulasi laporan keuangan. Pihak  yang menggunakan creative accounting yaitu manajer, akuntan, pemerintah dll.
Fraud accounting  adalah suatu tindakan yang menyebabkan kesalahan pelaporan dalam laporan keuangan.
Fraud auditing adalah pelaporan keuangan yang curang yaitu salah saji atau pengabaian jumlah atau pengungkapan yang disenagaja dengan maksud menipu para pemakai laporan keuangan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan santun... :))